Mau Menabung Lebih Banyak? Pangkas Tiga Pos Pengeluaran Ini!

15925

Beli rumah pastinya butuh dana yang besar. Gak setiap orang punya duit ratusan juta rupiah dalam waktu singkat. Meskipun gitu, beli rumah tetap harus dianggarkan dan duitnya dipersiapkan. Salah satu caranya ya tentu saja dengan menabung. Klise? Emang iya, tapi gak ada cara yang efektif selain itu. Kabar baiknya, menabung itu merupakan seni. Ada banyak cara menabung yang bisa lebih cepat mengantarkan kamu untuk punya dana cukup buat beli rumah.

Kathleen Elkins di situs cnbc.com, 9 Agustus 2018, melalui tulisan berjudul 28-years-old who banked $250.000 says this mental shift is the key to saving money, menyebut seorang milenial asal Minneapolis berusia 28 tahun bernama samaran Sean, berhasil mencatat US$250.000 dari hasil mengelola pengeluarannya. Sean berencana pensiun pada usia 37 tahun (bayangkan kalau kita pensiun pada usia 55 atau 65 tahun).

Sean bisa menabung lebih dari 60% dari gajinya yang US$80.000. Dia fokus mengendalikan pengeluaran pada 3 kebutuhan penting, yakni: rumah, transportasi, dan makanan. Dalam blognya, dia menulis bahwa rata-rata orang Amerika menghabiskan 70% dari anggaran tahunan mereka untuk tiga biaya ini.

“Jika kamu bisa membatasi tiga pengeluaran itu, maka dari situlah penghematan besar bisa dilakukan,” katanya kepada CNBC Make It.

Berikut ini cara Sean mengurangi pengeluaran pada 3 hal besar yang bisa kamu tiru:

Hunian

Harga beli atau tarif sewa hunian memang di luar kendali kita, tapi kita gak harus menyerah pada kekuatan pasar, kata Sean. Kita selalu punya pilihan. Dia menghemat pengeluaran untuk hunian dengan cara berbagi sewa atau sekarang dia berbagi hipotek (cicilan KPR) dengan pacarnya.

Sampai tahun lalu, mereka membayar US$640 sebulan untuk apartemen mereka. Setelah membeli rumah pada 2017, mereka sekarang membagi pembayaran hipotek dan masing-masing membayar sekitar US$740 per bulan.

Jadi, kamu bisa berbagi dengan teman atau keluarga untuk pengeluaran tempat tinggal. Cara ini bisa mengurangi pos pengeluaran kamu buat hunian.

Saat kamu menentukan hunian, pastikan kamu mendapatkan gak lebih dari yang kamu butuhkan. “Jika kamu menyewa (hunian), tanyakan pada diri sendiri apakah peralatan stainless steel benar-benar akan meningkatkan kehidupanmu secara berarti,” katanya.

“Jika kamu membeli (hunian), perhatikan betul berapa banyak ruang yang benar-benar kamu butuhkan. Apakah halaman luas dengan ongkos pemeliharaan besar benar-benar sesuatu yang kamu inginkan dalam kehidupanmu,” kata dia lagi.

Meskipun pihak pemberi KPR atau kalkulator online memandu kamu untuk memilih hunian yang mampu kamu bayar, tapi kamu gak harus mengikutinya. Kalkulator online yang digunakan Sean mengatakan bahwa dia mampu membeli rumah US$480.000, tapi dia lebih memilih beli yang harganya US$180.000. “Jadi, ada beberapa ratus dolar setiap bulannya yang bisa saya tabung,” katanya kepada CNBC Make It.

Cara lain untuk menghemat hunian, yang mungkin aja gak cocok bagi semua orang, adalah pindah ke kota yang lebih murah. Itulah yang dilakukan Sean setelah tinggal selama 2 tahun di Denver, Colorado. Dia lantas pindah ke Minneapolis. “Harga rumah di Denver di luar kendali. Hal ini yang jadi pertimbangan saya hingga saya memutuskan untuk berkemas dan pergi ke Utara, ke Minneapolis.”

Transportasi

Pengeluaran untuk transportasi juga mesti dipertimbangkan. Kredit kendaraan baru, mencapai titik tertinggi sebesar US$523 pada 2018. Kabar baiknya, kata Sean, pengeluaran untuk kendaraan adalah hal yang jauh lebih bisa kita kontrol (ketimbang hunian). Dia mengendarai truk pick-up berusia 13 tahun sebelum meningkat ke Mazda 3, yang dia beli tunai seharga US$13.000. Dengan membeli tunai, Sean tak harus mengeluarkan uang untuk cicilan kendaraan.

Kamu bisa juga menghemat pengeluaran bensin dengan cara urunan dengan rekan kerja atau tetangga. Selain itu, kalau kamu tinggal di kawasan yang transportasi umum bisa dijadikan pilihan, maka pertimbangkan untuk menggunakannya setidaknya beberapa hari dalam seminggu. Meskipun kamu gak menghemat waktu, pastinya akan menghemat uang.

Kalau kamu tinggal di hunian yang jaraknya dekat ke kantor, pertimbangkan untuk berinvestasi dengan sepeda motor. Cicilannya per bulan gak terlalu menyedot gaji kamu.

Makanan

Emang lebih mudah untuk order makanan secara online. Orang Amerika pun saat ini sangat memanfaatkan layanan ini. Tetapi, kalau itu kamu lakukan, bisa memperkecil peluang kamu untuk lebih banyak duit ditabung. Orang Amerika biasa menghabiskan US$70.000 hanya untuk mengantar dan mengirimkan sesuatu dalam hidup mereka.”Saya berjuang untuk menahan diri dari yang seperti itu,” kata Sean, meskipun dia sendiri punya tempat makan di luar.

Makan di restoran bisa merusak anggaran untuk makanan. Sebenarnya dia gak juga menghilangkan benar-benar acara makan di luar, bagaimanapun dia senang menggunakan uangnya untuk itu. Tapi, dia sangat menjaga kantongnya dan mencermati berapa banyak duitnya yang dia habiskan di restoran setiap bulannya.

Pendek kata, kalau kamu ingin menghemat pos pengeluaran untuk makanan, maka habiskan lebih banyak waktu di dapur sendiri. Bacalah berbagai tips dan cara menghemat ketika belanja bahan manakan di toko, dan cari cara menghemat waktu dan uang untuk mempersiapkan makanan di rumah.

Source : rumah123.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *